3 T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar)

Yayasan Alirena menyelenggarakan kegiatan-kegiatan dan program untuk mengusung pembangunan daerah 3T (tertinggal, terdepan dan terluar) dengan menyelenggarakan pendidikan sekolah berasrama Sekolah Anak Indonesia di Sentul, Bogor; mengirimkan guru garis depan melalui kerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Lanny Jaya, Papua menjalankan Program Sekolah Unggulan di Tiom, Indawa dan Poga.

Dengan pengalaman mengajar anak Papua di SAI dalam mengejar ketertinggalan mereka, Yayasan Alirena mengembangkan metode pembelajaran APeL (Anak Pelaku Pembelajaran). Yayasan Alirena percaya metode APeL adalah suatu terobosan untuk menyiapkan anak bangsa menjadi pemimpin yang menguasai bidangnya yang berkaliber internasional. Yayasan Alirena juga memberikan pelatihan metode APeL kepada guru-guru yang dikirim ke Papua ataupun guru lokal Papua sebagai upaya untuk meningkatan mutu pendidikan di daerah 3T.

Yayasan Alirena menyediakan jasa konsultasi program pendidikan di daerah karena melihat tingginya kebutuhan peningkatan kualitas pendidikan di dearah dan belum meratanya akses pendidikan di daerah, yang disesuaikan dengan kebutuhan, kondisi dan budaya masyarakat setempat.

Konsultasi harus menghasilkan suatu formulasi yang relevan dan bisa ditindaklanjuti menjadi program yang terpadu dan terintegrasi dengan visi dan misi, kondisi dan budaya daerah tersebut, dalam hal ini program peningkatan dan penyelenggaraan pendidikan. Pelayanan konsultasi ini diharapkan mengarah pada tingkat implementasi, pendampingan dan pengelolaan Sekolah Unggulan di daerah.