Sekolah Unggulan (Sekung) 2017-09-14T10:45:47+00:00
Sekung atau Sekolah Unggulan merupakan sekolah pemerintah daerah di 3T (terdepan,terluar, tertinggal) yang dikelola oleh Yayasan Alirena dengan mengadopsi sistem pembelajaran yang sama dengan SAI. Dengan demikian pendidikan berkualitas tinggi bisa dijangkau oleh lebih banyak anak.

Sekung

Sekilas Tentang Kabupaten Asmat

Kabupaten Asmat terletak di bagian selatan Provinsi Papua. Secara administratif wilayah yang terdiri dari 7 distrik dan 139 kampung ini berbatasan dengan Kabupaten Jayawijaya dan Yahokimo di sebelah utara. Di Sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Boven Digoel dan Kabupaten Mappi serta Kabupaten Mimika di sebelah barat. Pelajari lebih lanjut.

Sekolah Unggulan SMP Persiapan Negeri 3 – Kabupaten Asmat, Papua

Mulai tahun pembelajaran 2017/2018, Pemerintah Kabupaten Asmat melalui Dinas Pendidikan Menengah menjalin kerja sama dengan Yayasan Alirena untuk mengelola sekolah unggulan berpola asrama yakni SMP Persiapan Negeri 3 di Agats, Kabupaten Asmat, Papua.

Yayasan Alirena sejak bulan Februari 2017 telah melakukan seleksi peserta didik di Asmat. Saat ini, terdaftar 45 siswa di SMP Persiapan Negeri 3 di mana 22 siswa kelas 1 dan 23 siswa kelas 2. Yayasan Alirena juga melakukan rekrutmen dan pelatihan kepada 13 guru yang berasal dari Jawa, Sumatera, Sulawesi dan Nusa Tenggara Timur yang akan ditempatkan di SMP Persiapan Negeri 3.

Galeri Foto Sekung Asmat

Sekilas Tentang Kabupaten Lanny Jaya

Kabupaten Lanny Jaya memiliki luas wilayah keseluruhan ± 2.248 km2 dengan jumlah penduduk 89.332 jiwa. Terletak ke dalam  Provinsi Papua. Secara administratif wilayah ini terdiri dari 39 distrik.  Pelajari lebih lanjut.

Sekolah Unggulan – Kabupaten Lanny Jaya, Papua

Yayasan Alirena dipercaya oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Lanny Jaya untuk mengelola 3 Sekolah Unggulan berasrama di distrik Tiom, Indawa dan Poga mulai tingkat dasar, dan telah merekrut, melatih serta membekali lebih dari 30 guru dalam bidang matematika, sains dan bahasa Indonesia. Guru-guru yang mengajar di Sekolah Unggulan berasal dari pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Nusa Tenggara Timur.

Sekolah Unggulan Tiom dan Indawa dimulai pada Juli 2013, satu tahun kemudian Sekolah Unggulan dibuka di Poga. Program Sekolah Unggulan mengadopsi sistem pembelajaran SAI yang telah terbukti berhasil membantu anak dari berbagai daerah Papua mengejar ketertinggalan mereka.

Mulai tahun ajaran 2016-2017, Sekolah Unggulan Tiom, Indawa dan Poga dikelola oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Lanny Jaya sendiri.

Galeri Foto Sekung Lanny Jaya